Kisah N-250 Gatotkaca, Pesawat Kebanggan Indonesia

Kliping.id-Jakarta-Pesawat N-250 kebanggaan Indonesia, karya atas gagasan BJ Habibie, terbang pertama kali pada 1995, saat perayaan 50 tahun Indonesia Merdeka. Kini dimuseumkan di Museum Pusat TNI-AU Dirgantara Mandala Yogyakarta

Disebabkan krisis ekonomi produksi pesawat ini dihentikan.

“Ini  gagasan dari Bapak Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang saat itu menjadi Kasau. Beliau ingin pesawat yang membanggakan ini bisa dilihat oleh seluruh masyarakat Indonesia,” Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma TNI Fajar Adriyanto, di Yogyakarta, Jumat (21/8/2020).

Pesawat pertama buatan Indonesia, N-250 Gatotkaca dibawa ke Museum Pusat TNI-AU Dirgantara Mandala Yogyakarta untuk menambah koleksi. Pesawat N-250 Gatotkaca menjadi koleksi yang ke-60 Museum Pusat TNI-AU Dirgantara Mandala Yogyakarta.

Pesawat N-250 Gatotkaca ini awalnya berada di PT Dirgantara Indonesia.Kemudian, PT Dirgantara Indonesia menyerahkan pesawat Gatotkaca ini untuk melengkapi koleksi Museum Pusat TNI-AU Dirgantara Mandala Yogyakarta.

“Murni buatan Indonesia semua yang digagas oleh Bapak BJ Habibie. Pesawat N-250 Gatotkaca adalah pesawat buatan Indonesia pertama,” katanya.

Baca Juga:  Waduh, Bank Indonesia Ungkap Jumlah Uang Beredar Melambat Januari 2021

Artikel terkait

Leave a Comment