Idul Adha 1442 H, Adara Sasar 35.773 Penerima Manfaat Qurban di Palestina

KLIPING.ID, JAKARTA–Senyuman terukir manis di wajah para penerima daging qurban dari Sahabat Adara. Melalui program “Qurban Melangit, Berkah Mendunia” Idul Adha 1442 H, Adara Relief International (Adara) menjangkau total 35.773 penerima manfaat yang tersebar di berbagai wilayah di Palestina maupun wilayah pengungsian.

Dengan rincian sebanyak 1.794 orang di Al Quds, 25.480 orang di Gaza, 1.250 warga Palestina di Pengungsian Lebanon, 1.450 warga Palestina di Pengungsian Turki Selatan, 1.800 warga Palestina di Pengungsian Suriah Utara, dan 679 warga Palestina di Pengungsian Yordania telah menerima daging qurban yang diamanahkan oleh Sahabat Adara.

Selain qurban, Sahabat Adara juga berpartisipasi dalam program ‘Hadiah Hari Raya untuk Anak dan Perempuan Palestina’. Sebuah kepedulian yang menjadikan momen Idul Adha mereka menjadi lebih bermakna. Sebanyak 933 paket Hadiah Hari Raya telah diberikan kepada anak-anak di Gaza dan Lebanon, dengan jumlah masing-masing 828 anak dan 105 anak.

“Setiap tahunnya Adara memastikan warga Palestina dapat merasakan daging qurban dari para donatur. Tahun ini meskipun kondisi pandemi masih terus membatasi, kami bersyukur program ini tetap dapat dilaksanakan dengan lancar dan terdistribusikan merata. Tidak hanya itu, program Hadiah Hari Raya juga tetap dapat terselenggara berkat dukungan Sahabat Adara,” demikian tutur Sri Vira Chandra, CEO Adara, dalam sambutan pada acara Laporan dan Evaluasi Penyaluran Qurban Idul Adha 1442 H di hadapan seluruh pengurus.

Adanya penjajahan di Palestina membuat perekonomian penduduk berjalan lambat. Satu setengah juta penduduknya bergantung pada bantuan dari luar negeri, sedangkan kian hari bantuan yang masuk ke Palestina semakin surut. Untuk itu, Adara juga memiliki penawaran daging qurban beku (frozen). Dengan tetap berpegang teguh pada syariat, hewan qurban disembelih pada Hari Raya Idul Adha dan Hari Tasyrik kemudian dibekukan dan dikemas sesuai standar, lalu didistribusikan sepanjang tahun di Palestina.

Baca Juga:  Outlet Salimah, Peluang Bisnis Berbasis Komunitas

Sebanyak 147 paket dari  qurban frozen yang berasal dari 21 ekor sapi telah disembelih di dua negara, yaitu Brazil dan India. Paket qurban frozen ini selanjutnya akan disalurkan untuk 3.320 penerima manfaat yang berada di Gaza, Palestina.

Di tahun ini, Adara juga hadir dengan program ‘Qurban di Pedalaman’ sehingga Sahabat Adara dapat turut berpartisipasi dalam program yang didedikasikan bagi anak dan perempuan di wilayah Maluku. Bekerjasama dengan Human Initiative, sebanyak 5 ekor sapi telah disembelih dan didistribusikan bagi 250 keluarga atau sekitar 1000 penerima manfaat di Pulau Buru Provinsi Maluku Indonesia.

“Semangat agar ibadah qurban dapat melangit dengan penerimaan dari Allah SWT rasanya lebih lengkap lagi dengan keberkahan yang dapat ditebar hingga ke negeri Palestina nun jauh di sana yang memang masih sangat membutuhkan dukungan karena penjajahan yang mereka alami, meski Adara juga tetap memiliki perhatian untuk negeri tercinta dengan menebar qurban di pedalaman.” pungkas Lathifah Hariri, Group Head of Distribution and Networking Adara.*

Artikel terkait

Leave a Comment