Diharapkan Tahun Ini Jamaah Haji Indonesia Bisa Berangkat

Diharapkan Tahun Ini Jamaah Haji Indonesia Bisa Berangkat

KLIPING.ID-Jakarta-Fraksi Partai Golkar (F-PG) DPR RI sangat berharap agar tahun ini calon jemaah haji Indonesia bisa berangkat ke Tanah Suci setelah tertunda karena pandemi Covid-19. Dengan dibukanya ibadah umrah bagi jemaah Indonesia tahun ini, berarti ada peluang besar ibadah haji juga akan dibuka, walau mungkin ada pengurangan kuota.

 

Harapan ini disampaikan Anggota Komisi VIII DPR RI John Kenedy Azis, Senin (10/1/2022). Memang ada kekhawatiran atas pembukaan kembali ibadah umrah dan haji di tengah meningkatnya kasus varian Omicron. Di satu sisi bahagia, namun di sisi lain khawatir. “Dari awal memang sudah kita antisipasi bersama pemerintah. Seperti kita ketahui Covid-19 belum berakhir. Setelah Delta, ada lagi Omicron. Ke depan kita enggak tahu ada varian apa lagi,” ucap John.

Menurut Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI ini, skema keberangkatan calon haji dan umrah asal Indonesia sudah disiapkan di masa pandemi ini. Seleksi ketat dari mulai  embarkasi masing-masing sudah dilakukan dengan swab PCR. Sampai di Tanah Suci akan kembali di-swab PCR. Soal kuotanya, itu sepenuhnya kewenangan Pemerintah Arab Saudi. Pemerintah Indonesia tidak bisa mengintervensi.

“Kita cuma bisa memperjuangkan semoga jemaah haji tahun 2022 ini bisa berangkat. Dan mudah-mudahan kuotanya tetap 100 persen. Tapi kalau nanti dikurangi oleh Pemerintah Arab Saudi, tentu DPR dan pemerintah akan mengantisipasinya. Berapa persen pengurangannya, itu kedaulatannya Arab Saudi,” jelas John. Namun ia mengapresiasi langkah diplomasi haji yang dilakukan Kementerian Agama dan Kementerian Luar Negeri RI.

“Saya pikir sudah cukup baik. Menag sudah berkunjung ke Arab.Saudi dan bertemu Gubernur Mekkah. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Menlu yang telah membuat diplomasi yang sangat baik dan sudah ditindaklanjuti dengan Menag. Ini langkah yang sudah sangat baik dan perlu kita berikan apresiasi untuk pemerintah, dalam hal ini Menag dan Menlu. Hubungan ini harus kita bina sebaik mungkin,” kilah John.

Baca Juga:  Rembuk Bareng RI-Arab Saudi Agar Jamaah Bisa Haji dan Umroh Tahun Depan

Dia juga menyebut, selama ini jemaah Indonesia adalah yang terbaik dibandingkan jamaah dari negara lain. Jamaah Indonesia dikenal sopan dan ramah. Poin ini sangat penting sebagai modal Indonesia berdiplomasi. “Saya berharap jamaah selamat, sehat pulang pergi. Yang penting ibadah haji 2022 terlaksana dan kita bisa mengirim jamaah haji lagi,” tutup legislator dapil Sumatera Barat II itu.

Avatar

Anto -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *