Muhaimin Iskandar Serahkan 11.473 SHM Tanah Transmigran Kalsel

Muhaimin Iskandar Serahkan 11.473 SHM Tanah Transmigran Kalsel

KLIPING.ID, TANAH BUMBU–Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Abdul Muhaimin Iskandar menyerahkan sertifikat hak milik tanah bagi 11.473 warga Transmigrasi di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan di halaman kantor Bupati, Rabu ini, (15/3/2023).

Pria yang akrab disapa Gus Muhaimin ini mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang sudah menyukseskan sertifikasi tanah kepada transmigran. Ia menyatakan, transmigran perlu mendapatkan perhatian dari semua sektor, di mana kompleksitas berbagai masalah tersebut menurutnya tidaklah mudah.

“Bapak ibu transmigran ini adalah pejuang. Mereka rela meninggalkan kampung halaman untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik. Jadi keberadaan mereka perlu kita support, termasuk infrastruktur sarana dan prasarana kemudian aksesnya,” kata Gus Muhaimin dalam keterangannya.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu pun mengucapkan selamat kepada seluruh transmigran yang mendapatkan sertfikat hak milik atas tanah yang mereka tempati saat ini. “Saya ucapkan selamat kepada bapak ibu transmigran yang sudah menerima sertifikat SHM. Harapan saya sertifikasi yang cepat ini akan memungkinkan mendapatkan masa depan yang lebih baik,” ujarnya.

Eks Menteri Ketenagakerjaan dan Transmigrasi RI ini menambahkan, transmigrasi dan pembangunan desa adalah satu kesatuan, dan akan menjadi prioritas dalam mempercepat pembangunan nasional “Pembangunan nasional akan cepat kalau desa tumbuh berkembang dengan cepat,” paparnya.

Dalam kesempatan itu turut dilakukan dialog dengan beberapa tokoh masyarakat serta RT se-Tanah Bumbu maupun para pemangku adat Dayak. Dani, perwakilan masyarakat adat perkumpulan Dayak Meratus meminta Gus Muhaimin untuk memperjuangkan RUU Masyarakat Desa.

“Saya mohon Gus Muhaimin membantu kami dengan memperjuangkan RUU Masyarakat Adat. Saya tidak tahu kenapa Undang-undang itu sampai sekarang belum disahkan, padahal itu sangat kami harapkan,” kata Dani.

Baca Juga:  Mentan SYL Dorong Pengembangan Agrowisata Buah

Sementara itu, Amirudin dari masyarakat transmigrasi nelayan di Desa Angsa, Tanah Bumbu mendorong Gus Muhaimin untuk memperjuangkan dermaga di wilayah itu. “Kondisi di tempat saya di desa Angsana itu sering tertimbun pasir, akibatnya banyak kapal nelayan yang karam Gus. Jadi saya mohon Gus Muhaimin memperjuangkan dermaga di daerah kami. Juga soal infrastruktur Gus, akses jalan ke daerah kami rusak,” tutur Amirudin.

Turut hadir dalam kesempatan itu Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar beserta jajarannya, Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar, Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid, Anggota DPR RI Fraksi PKB Hasanuddin Wahid dan Heru Widodo.*

Avatar

Zahid -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *