Dirjen Bimas Islam: KUA Punya Peran Cegah Nikah Dini

Dirjen Bimas Islam: KUA Punya Peran Cegah Nikah Dini

KLIPING.ID, JAKARTA–Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin mengatakan, tingginya angka pernikahan dini bisa diantisipasi melalui peningkatan kapasitas Kantor Urusan Agama (KUA). Ia meminta pegawai di KUA tak ragu turun ke tengah masyarakat untuk menyosialisasikan program-program Kemenag.

“Tugas dan fungsi KUA ini salah satunya adalah mengantisipasi pernikahan dini. Pernikahan dini bisa dicegah melalui sosialisasi program-program Kemenag,” ujar Kamaruddin saat membuka Bimtek Pengelolaan Jejaring Lokal KUA Kecamatan di Jakarta, Rabu (6/10).

Upaya antisipasi tersebut, menurut Kamaruddin, salah satunya adalah dengan mengedukasi pentingnya melakukan pernikahan sesuai aturan yang berlaku, yakni telah mencapai usia 19 tahun baik bagi laki-laki maupun perempuan.

“Usia nikah ini sudah ada aturannya. Jadi tugas kita semua untuk menyosialisasikan aturan ini, menjelaskan kepada masyarakat pentingnya menikahkan anak-anak mereka pada usia yang telah ditetapkan,” tuturnya.

Menurut Kamaruddin, pernikahan dini bisa memicu dampak negatif, seperti terjadinya perceraian. Ia menjelaskan, pasangan pengantin yang belum memiliki usia yang matang masih rentan kehilangan kendali atas emosinya.

“Di sini kita berperan, melakukan sosialisasi di tengah masyarakat tentang pentingnya menikah pada usia yang telah ditetapkan. Jadi saya harap teman-teman di KUA bisa secara maksimal melakukan edukasi kepada masyarakat tentang hal ini,” kata Kamaruddin.

Sebagai informasi, bimtek kali ini terbagi menjadi 2 angkatan, masing-masing angkatan terdiri dari 55 orang yang merupakan perwakilan dari 106 Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan yang menjadi Pilot Program Revitalisasi Layanan KUA dan 4 lembaga mitra yakni PP Muslimat NU, PP Aisiyah, LKK PBNU, dan BP-4.*

Baca Juga:  Bantu Korban Kebakaran, Ketua Komisi VI DPRA Apresiasi Kinerja BMA
Avatar

Abdul Aziz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *