Masjid Musala Terus Bertambah, Kemenag Sampaikan Pentingnya Update Data

Masjid Musala Terus Bertambah, Kemenag Sampaikan Pentingnya Update Data

KLIPING.ID, JAKARTA–Kepala Seksi Kemakmuran Masjid Ditejen Bimas Islam, Fakhry Affan mengatakan, pendataan masjid di DKI Jakarta harus dilakukan secara masif. Sebab, masjid dan musala khususnya di DKI Jakarta cukup banyak dan jumlahnya terus bertambah dari tahun ke tahun, sehingga sensus pendataan perlu diseriusi.

Demikian disampaikan Fakhry saat menjadi narasumber pada acara Pembinaan Kemakmuran dan Standarisasi Masjid bertema ‘Aktualisasi Peran dan Fungsi Masjid Sebagai Pembinaan Umat’ di Fave Hotel Cililitan, Jakarta Timur, Senin (22/11/2021).

“Pentingnya pendataan dilakukan, karena seharusnya kita (Kementerian Agama) yang memiliki data base masjid dan musala di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Fakhry mengatakan, pendataan masjid juga diperlukan untuk menyeragamkan data jumlah masjid se-Indonesia, agar memudahkan dalam melakukan analisis terkait keberadaan masjid.

Pendataan masjid sudah sangat mudah dilakukan, menurut Fakhry, semua pengurus masjid dan musala bisa mendaftarkan secara online melalui aplikasi Sistem Informasi Masjid (SIMAS) atau pada laman simas.kemenag.go.id.

“Ke depannya sistem ini juga akan dikembangkan seperti Facebook jadi semua pengurus masjid bisa memperbaharui profil masjid atau musalanya. Misalnya foto-foto ruangan masjid, aktivitas kegiatan, bahkan bisa meng-update jadwal imam dan muazinnya,” kata Fakhry.

Cara Daftarkan Masjid atau Musala ke SIMAS

Pendaftaran masjid dan musala dapat dilakukan melalui operator SIMAS di Kantor Urusan Agama (KUA) atau Kemenag terdekat dengan membawa sejumlah persyaratan.

Adapun persyaratan yang harus dilengkapi, yaitu:

1. Surat Keputusan Pendirian atau Pembentukan Takmir Masjid atau Musala;
2. Surat Keterangan Status Tanah atau Wakaf Serta Sertifikat; dan
3. Foto Bangunan Masjid atau Musala dalam Bentuk Softcopy (Size Maksimal 1Mb).

Sumber: Bimas Islam Kemenag

Baca Juga:  Cegah Konflik Kerukunan Beragama, Wapres Harapkan FKUB Siapkan Strategi Hentikan Narasi Hoaks
Avatar

Zahid -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *