Pemerintah Dorong Mahasiswa Turut Kembangkan Sektor UMKM Nasional

Pemerintah Dorong Mahasiswa Turut Kembangkan Sektor UMKM Nasional

KLIPING.ID, JAKARTA–Pemerintah mendorong mahasiswa perlu turut serta dalam pengembangan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) nasional. Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyatakan dengan kehadiran mahasiswa, pengembangan sektor UMKM akan terakselerasi dengan baik.

“Dengan turut mencoba merintis bisnis, bahkan dalam lingkup kecil, mahasiswa akan mendapat pemahaman serta tambahan keterampilan. Dengan begitu, akan menjadi kontribusi tersendiri terhadap pengembangan UMKM. Selain itu, tentu saja dukungan dapat diwujudkan dengan membeli dan menggunakan produk lokal,” jelasnya dalam Kuliah Umum dengan tema ‘Tantangan dan Peluang UMKM di Era Informasi’ di Universitas Esa Unggul, Jakarta Barat, Kamis (14/09/2023).

Menurut Wamendag Jerry, masyarakat secara langsung merasakan manfaat dari keberadaan UMKM, baik sebagai pelaku maupun konsumen yang akhirnya mendapatkan produk berkualitas dengan harga terjangkau dan mudah diakses.

“Semangat Bangga Buatan Indonesia bukan sekadar slogan, karena nyatanya semakin banyak masyakarat yang banggamenggunakan produk lokal buatan UMKM,” ujarnya.

Saat ini, UMKM merupakan salah satu pilar perekonomian nasional. Oleh karena itu, pemerintah akan selalu mengusahakan peraturan yang berkeadilan serta memberikan dukungan nyata yang dapat dirasakan oleh pelaku UMKM.

“Kementerian Perdagangan memiliki Balai Pelatihan Ekspor yang akan melakukan kurasi UMKM untuk dilatih agar siap ekspor. Bahkan, hingga proses penjajakan kesepakatan bisnis (business matching) pun akan difasilitasi,” jelas Wamendag.

Wamendag Jerry mendorong para mahasiswa untuk fokus pada kemampuan dan kreativitas terlepas apapun jurusan yang diambil, agar kelak dapat menghadirkansolusi sesuai konteks kebutuhan.

“Jika ingin UMKM berkembang, yang harus dipikirkan bukan hanya nilai tambah produknya, tetapi juga strategi lain yang memudahkan konsumen dalam membeli produk tersebut,” tandasnya.*

Baca Juga:  Gandeng LKPP, Pertamina Implementasikan Aplikasi E-Katalog
Tio Sukamto

Tio Sukamto

Ceritakan tentang dirimu Tio di Sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *