Sertifikasi dan Kompetensi SDM Dorong Pertumbuhan Pariwisata Nasional

Sertifikasi dan Kompetensi SDM Dorong Pertumbuhan Pariwisata Nasional

KLIPING.ID, JEPARA–Sertifikasi kompetensi sumber daya manusia (SDM) pariwisata dan ekonomi kreatif harus mampu meningkatkan kemampuan teknis para pelaku wisata dan ditempatkan dalam konteks  melestarikan budaya, sebagai bagian dari upaya memajukan pariwisata nasional.

“Selain mendorong peningkatan kemampuan teknis, sertifikasi kompetensi SDM pariwisata dan ekonomi kreatif juga harus mengedepankan aspek pelestarian budaya dan kearifan lokal,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat saat memberi sambutan dan membuka secara daring Sosialisasi Sertifikasi Kompetensi bagi SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jepara, Jawa Tengah, Jumat (22/9).

Hadir pada acara tersebut, Hartaya, S.T., M. M (Plt.Kepala Dinas Pariwisata  dan Kebudayaan Kabupaten Jepara), Herbin Saragi (Analis Kebijakan Madya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI) dan para pelaku pariwisata di Kabupaten, Jepara.

Menurut Lestari, SDM pariwisata harus mampu menjadi komunikator yang menyampaikan berbagai informasi terkait kekhasan budaya dan lingkungannya agar bisa menjadi bagian daya tarik daerah itu bagi para wisatawan.

Apalagi, tambah dia, Jepara memiliki ragam budaya dan kekayaan intelektual seperti tenun torso, seni ukir, gerabah,  logam, kuliner, serta hasil bumi seperti kopi.

Sehingga, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, dalam upaya pengembangan ragam kearifan lokal tersebut, inovasi dan promosi hasil karya kreatif  yang berkelanjutan sangat dibutuhkan.

Dalam potensi kreatif seni ukir misalnya, jelas Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, sertifikasi merujuk pada kompetensi di  bidang pengembangan seni ukir dan aspek teknis ukiran dan motif dengan muara  promosi budaya daerah sebagai salah satu keunggulan wisata budaya.

Dengan demikian,  tegas Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, standarisasi dan sertifikasi dapat menjadi pola pengembangan potensi wisata dan ekonomi  secara berkelanjutan yang menunjang penguatan warisan dan nilai-nilai budaya di Jepara.*

Baca Juga:  Ketahanan Sosial dan Budaya Jadi Solusi Kesulitan Akibat Disrupsi
Tio Sukamto

Tio Sukamto

Ceritakan tentang dirimu Tio di Sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *