Pemberdayaan Petani Pamijahan Bogor

Pemberdayaan Petani Pamijahan Bogor

Kliping.id-Bogor-BSI Maslahat dan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) melakukan launching Desa BSI (Desa Bangun Sejahtera Indonesia) Klaster Pertanian Padi di Desa Purwabakti Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor, pada Selasa, 26 September 2023.

Hadir dalam acara ini Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab Fiansyah; Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor, Ir. Irma Villayanti; Regional CEO BSI 5 Jakarta, Adjat Djatnika Basarah; Camat Pamijahan, Imam Mahmudi; dan Direktur Eksekutif BSI Maslahat, Sukoriyanto Saputro beserta jajaran.

Dalam acara ini, dilakukan peresmian Desa BSI, diantaranya adalah penyerahan giant card, simbolis panen padi, dan gunting pita pabrik penggilingan padi (Rice Milling Unit). Selain itu juga dilakukan kunjungan ke wisata sawah Terasering Desa BSI.

Program Desa BSI (Desa Bangun Sejahtera Indonesia) merupakan salah satu program pengembangan ekonomi masyarakat (mustahik) yang diinisiasi oleh BSI Maslahat melalui pendayagunaan Dana Zakat Korporat PT Bank Syariah Indonesia Tbk Sampai tahun 2023, BSI Maslahat telah memfasilitasi setidaknya 15 Desa di seluruh Indonesia, salah satunya Desa Purwabakti Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor ini.

“Diharapakan program ini dapat memfasilitasi masyarakt melalui penguatan dan pengembangan sumber daya ekonomi, sehingga akan memberi manfaat keberlanjutan untuk masyarakat desa dan kesejahteraan pangan. Kami ucapkan terimakasih mohon dukungannya dari segala pihak untuk menyukseskan tujuan tersebut,” ucap Adjat Djatnika Basarah, Regional CEO BSI 5 Jakarta.

Desa Purwabakti Pamijahan Bogor mempunyai penerima manfaat sebesar 100 kepala keluarga/420 jiwa. Luas lahan desa ini sebesar 26,5 ha dengan total panen selama program 129,07 ton dan penjualan beras selama 3 bulan terakhir adalah Rp200 juta.

Dengan karakteristik seperti itu, komposisi mata pencaharian masyarakat di bidang pertanian dan perkebunan cukup banyak. Masyarakat bermata pencaharian bidang pertanian sebanyak 438 orang (86 orang sebagai petani, dan 352 sebagai buruh tani).

Baca Juga:  Kementan Pantau Tanaman Kedelai dan Sosialisasi Pupuk Hayati

“Program Desa BSI ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Purwabakti. Kami ucapkan terimakasih banyak yang sebesar-besarnya kepada BSI, BSI Maslahat dan seluruh stakeholder terkait atas program pemembangunan desa, pertanian serta ketahanan pangan,” ucap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa mewakili Bupati Kabupaten Bogor.

Desa BSI Pamijahan kedepannya akan melakukan peningkatan kapasitas melalui pelatihan, magang, dan studi banding; penguatan aspek budidaya melalui penerapan teknologi pertanian ramah lingkungan; pengembangan usaha kelompok melalui pengelolaan RMU (Rice Milling Unit); penguatan jaringan pemasaran produk; penguatan usaha kelompok desa wisata tematik berbasis pertanian.

Tujuan akhir Program Desa BSI adalah meningkatkan kesejahteraan pemetik manfaat (komunitas) yang diukur dari peningkatan pendapatan dari usaha yang dijalankan. Sesuai dengan temanya, maka program ini direncanakan menyasar desa-desa yang memiliki potensi sumberdaya lokal yang dapat dikembangkan.

Pengembangan sumberdaya lokal difokuskan pada bidang usaha komunitas yang sejenis sehingga dapat dikelompokkan dalam satu klaster usaha. Hal tersebut dimaksudkan untuk mempermudah proses pembinaan serta intervensi program lainnya.

Konsep pemberdayaan masyarakat dalam rangka pengembangan sumberdaya lokal pada program Desa BSI dilakukan dengan pendekatan yang komprehensif, integral dan pendampingan secara intensif.

Dalam pelaksanaan program, BSI Maslahat melakukan proses-proses pendampingan intensif, baik yang bersifat teknis maupun mentransformasi nilai-nilai keagamaan (spiritual). Dalam strategi pemberdayaan, penguatan kelembagaan merupakan salah satu faktor penting terutama untuk menunjang keberlanjutan program maupun kegiatan usaha.

Kelembagaan merupakan wadah organisasi masyarakat untuk melakukan aktivitas usaha, mulai dari hulu sampai hilir. Selain itu, peranan kelembagaan sangat penting dan strategis dalam rangka mewujudkan hubungan antara masyarakat pelaku usaha dalam jaringan kerja sama dengan stakeholders serta membangun posisi tawar yang lebih baik.

Baca Juga:  Wapres Tekankan Urgensi Dialog Lintas Agama

Camat Pamijahan, Imam Mahmudi menyambut baik program Desa BSI Klaster Pertanian Padi Desa Purwabakti. Ia berharap program ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Purwabakti, khususnya petani padi.

“Dengan adanya program ini, diharapkan produktivitas kelompok tani dan hasil padi di Desa Purwabakti dapat meningkat dan kesejahteraan masyarakatnya dapat terjamin,” ujar Imam Mahmudi.

Dengan launching Desa BSI Klaster Pertanian Padi Desa Purwabakti, diharapkan program ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Purwabakti, khususnya petani padi.

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas.

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign dan produk baru diantaranya Give 20k dan goamal.org. Untuk program campaign Give 20k meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya.

Sedangkan goamal.org adalah platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat. dengan goamal.org, sahabat bisa berdonasi semudah scan Qris. selain itu, pembayaran donasi sahabat bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja.

Avatar

Hery -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *