Rumit-rumit, Truck ODOL Bikin Jalanan Rusak akan Disikat Habis

Rumit-rumit, Truck ODOL Bikin Jalanan Rusak akan Disikat Habis

Kliping.id-Bikin rugi negara, truk Over Dimension Over Loading (ODOL) akan diselesaikan hingga 2023.

Truk ODOL dihentikan Polisi. Dok Tribun

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berkomitmen akan berupaya menyelesaikan persoalan truk Over Dimension Over Loading (ODOL)

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi di Bogor, Jawa Barat, Rabu (24/3/2021) mengatakan, bahwa penertiban atas pelanggaran ODOL terus dilakukan untuk mewujudkan Zero ODOL Nasional pada 2023.

Kemenhub terus berkoordinasi dengan Kepolisian hingga asosiasi pengusaha agar target tersebut bisa terealisasi.

Secara khusus, dia juga mengimbau pengusaha truk dan karoseri agar patuh secara mandiri, tanpa menunggu sanksi dan tindakan oleh pihak berwenang.

Budi mengaku prihatin atas maraknya pelanggaran muatan dan dimensi kendaraan di jalan yang mengakibatkan terjadinya kecelakaan.

Tak hanya itu, truk ODOL juga memicu kerusakan jalan yang merugikan negara dan masyarakat.

“Pemerintah mencatat kerusakan infrastruktur akibat truk ODOL ini mencapai Rp43 triliun. Kami serius menyelesaikannya,” kata Budi.

Soal molornya target Zero ODOL pada 2023, Budi menjelaskan, bahwa pemerintah menghindari dampak sosial dan ekonomi yang terjadi di masyarakat, khususnya dalam masa pandemi Covid-19.

“Sebetulnya target kita pada tahun ini, tapi kami tidak ingin ini berdampak pada naiknya biaya transportasi, serta kelangkaan barang di masyarakat,” katanya.

Baca Juga:  KLB Demokrat Ditolak, AHY: Momentum Bangkit!
Avatar

Anto -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *