SKB 3 Menteri Ciptakan Tolerasi Bergama di Sekolah

SKB 3 Menteri Ciptakan Tolerasi  Bergama di Sekolah
  1. Kliping.id-Jakarta-Jakarta – Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi menepis anggapan negara melakukan sekularisasi di SKB seragam sekolah terkait Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang penggunaan seragam sekolah peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.

    Dok Kemendikbud

“Substansi SKB itu secara tegas tidak ada larangan untuk mengenakan seragam atau atribut agama tertentu. Yang dilarang adalah pemaksaan mengenakan seragam atau atribut agama di sekolah. Ini artinya negara tetap membolehkan peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan mengenakan pakaian sesuai keyakinan agama masing-masing. Dengan demikian tuduhan negara melakukan sekularisasi kurang tepat dan berlebihan,” ucap Zainut dalam keterangannya, Minggu (7/2/2021).

“Terbitnya SKB 3 Menteri sudah sangat sesuai dengan kondisi sosial masyarakat Indonesia yang beragam, plural dan bhinneka,” ujarnya.

Zainut menyebut, SKB seragam sekolah diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam keberagaan dan kebhinekaan. Sehingga, kata dia, akan melahirkan sikap keberagamaan yang inklusif dan toleran.

Baca Juga:  Imam Ghazali Sentil Orang yang Doyan Keluarkan Tuduhan Kafir
Avatar

Anto -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *