Filipina Cetak Sejarah, Raih Emas Perdana di Ajang Olimpiade

Filipina Cetak Sejarah, Raih Emas Perdana di Ajang Olimpiade

KLIPING.ID–Atlet angkat besi Hidilyn Diaz mengakhiri penantian 97 tahun Filipina untuk medali emas Olimpiade pada Senin (26/7), ketika ia muncul sebagai pemenang di nomor 55kg putri di Tokyo International Forum.

Atlet berusia 30 tahun itu mengangkat 97 kg di angkatan snatch dan 127kg di clean and jerk, dengan total gabungan 224kg menempatkannya di atas peraih medali perak Liao Qiuyun dari China (221kg) dan peraih medali perunggu Zulfiya Chinshanlo dari Kazakhstan (213kg).

Wanita asal Zamboanga, yang berkompetisi di Olimpiade keempatnya, menjadi atlet Filipina pertama yang meraih emas di Olimpiade Musim Panas sejak negara itu pertama kali mengirim atlet ke Olimpiade pada tahun 1924.

Diaz, yang telah memenangkan satu perak di Olimpiade Rio de Janeiro 2016, juga menjadi atlet Filipina kedua yang memenangkan beberapa medali Olimpiade sejak Teofilo Yldefonso memenangkan dua perunggu renang pada tahun 1928 dan 1932.

Diaz juga menjadi atlet Wanita Filipina pertama yang memenangkan dua medali Olimpiade setelah berhasil meraih medali perak Olimpiade Rio 2016.

Perenang Teofilo Yldefonso adalah satu-satunya atlet Olimpiade Filipina dengan dua medalimedali setelah memenangkan perunggu dalam gaya dada 200 meter putra di Amsterdam tahun 1928 dan Los Angeles 1932.*[Bolabo.com]

 

Baca Juga:  Ini Kesiapan Timnas Wanita Hadapi SEA Games
Avatar

Aat -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *