Hajjaj Ditulis Ulama Besar dengan Tinta Kelam

Hajjaj Ditulis Ulama Besar dengan Tinta Kelam

Kliping.id-Jakarta-Adz Dzahabi menyatakan al Hajjaj adalah orang yang sangat zalim, suka menindas, penguasa yang kejam dan suka menumpahkan darah. Namun di sisi lain ia juga seorang pemberani, cerdik, fasih dalam berbahasa Arab dan mencintai Al-Qur’an.

Adz Dzahabi melanjutkan, ”Kami mencelanya dan tidak menyukainya, bahkan kami membencinya karena Allah. Ia memang memiliki kebaikan yang banyak dalam lautan dosa-dosanya. Kami menyerahkan perkara tentangnya kepada Allah.” mengutip suaraislam

Imam As Suyuthi berkata dalam Tarikhul Khulafa’, ”Pada permulaan seratus tahun pertama pada agama ini ada musibah besar yaitu fitnah Hajjaj.”

Ibnu Katsir berkata, ”Inilah sebagian kelancangan al Hajjaj –semoga Allah mengutuknya- dan keberaniannya berkata-kata kotor dan kesukaannya menumpahkan darah yang dilarang menumpahkannya. Ia murka terhadap bacaan Abdullah bin Mas’ud karena berbeda dengan bacaan Mushaf utama yang diterbitkan oleh Amirul Mukminin Utsman bin Affan. Secara tekstual, Abdullah bin Mas’ud telah berdiskusi dengan Utsman dan mendapat persetujuannya.”

 

Baca Juga:  Kondisi Korban Banjir Banjarmasin
Avatar

Anto -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *