Selama Pandemi, 125 Penghulu Meninggal Dunia

Selama Pandemi, 125 Penghulu Meninggal Dunia

KLIPING.ID, JAKARTA–Selama pandemi Covid-19 melanda Indonesia, tercatat ada 125 penghulu meninggal dunia. Hal tersebut disampaikan Plt. Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam, Muhammad Adib Machrus.

“Selama pandemi Covid-19 melanda Indonesia atau sejak Maret 2020 lalu, kita mencatat sebanyak 125 penghulu meninggal dunia,” ujar Gus Adib, sapaan akrabnya, ketika ditemui wartawan bimasislam di Tangerang, Jumat (27/8).

Gus Adib menjelaskan, meski tidak semuanya meninggal dunia karena Covid-19, tetapi jumlah tersebut merupakan paling banyak dalam beberapa tahun terakhir.

“Memang tidak semua meninggal dunia karena Covid-19. Tapi jumlah ini luar biasa banyak. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, selama dua tahun pandemi ini sangat banyak jumlahnya,” kata Gus Adib.

Ia mengingatkan penghulu untuk benar-benar memperhatikan protokol kesehatan (prokes) dalam memberikan pelayanan nikah selama masa PPKM sebagaimana tertuang dalam SE Dirjen Bimas Islam Nomor P.002/DJ.III/Hk.007/07/2021.

“Dalam pelayanan pernikahan, penghulu harus memperhatikan prokes, persyaratan swab antigen, dan pembatasan jumlah yang hadir. Persyaratan nikah selama PPKM ini tidak lain untuk memastikan pencegahan penularan Covid-19 di klaster pernikahan,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Subdit Bina Kelembagaan KUA Ditjen Bimas Islam, Nur Afwa Sofia menjelaskan, 125 penghulu yang meninggal dunia selama pandemi Covid-19 tersebut tersebar di 15 provinsi di Indonesia.

“Sampai hari ini, Jumat, 27 Agustus 2021, jumlah penghulu yang meninggal dunia selama pandemi Covid-19 sebanyak 125 orang yang tersebar di 15 provinsi. Ini terjadi selama pandemi Covid-19,” katanya.

15 provinsi tersebut yaitu, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara,

Baca Juga:  Kemenag Verifikasi 295 Proposal Bantuan Pesantren Perbatasan

Menurut data Sistem Informasi Kepenghuluan (SIK), jumlah penghulu di Indonesia saat ini mencapai 9.725 orang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.*

Avatar

Zahid -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *