Komisi I Dukung Tambahan Personel dan Anggaran TNI Amankan Pemilu 2024

Komisi I Dukung Tambahan Personel dan Anggaran TNI Amankan Pemilu 2024

KLIPING.ID, SERANG–Pemilu 2024 tak terasa tinggal lima bulan lagi. Berbagai tahap demi tahap Pemilu telah dan sedang dilaksanakan. Mengingat Pemilu adalah agenda strategis nasional serta sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat, maka sudah tentu menjadi tugas aparat keamanan mengamankan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Dalam konteks ini, peran TNI sesuai dengan tugas dan fungsi perbantuan TNI kepada Polri bidang Kamtibnas amat strategis dalam pengamanan Pemilu. Salah satunya yaitu Korem 064/ Maulana Yusuf di Serang, Banten. Oleh karena itu, Komisi I DPR RI mendukung penuh usulan kekuatan personel militer, yang sampai saat ini baru mencapai 69 persen.

“Komisi I DPR RI mencatat usulan kebutuhan yang telah disampaikan Korem 064/ Maulana Yusuf, antara Iain untuk dukungan kekuatan personel militer yang baru mencapai 69 persen dan belum adanya anggaran untuk pengamanan Pemilu 2024,” ujar Wakil Ketua Komisi I DPR RI Utut Adianto saat memimpin tim kunjungan kerja spesifik Komisi I DPR RI ke Korem 064/ Maulana Yusuf, Serang, Banten, Jumat (15/9/2023).

Tak hanya itu, Politisi Fraksi PDI-Perjuangan ini menegaskan Komisi I DPR RI juga sepakat mendukung usulan bahwa TNI diberi tugas dan tanggung jawab yang sama dalam rangka pengamanan Pemilu 2024 khususnya di TPS dalam rangka menciptakan pelaksanaan Pemilu yang aman dan damai khususnya di wilayah tugas Korem 064/Maulana Yusuf.

“Selanjutnya Tim Kunjungan Kerja Komisi I DPR RI menyampaikan usulan kebutuhan tersebut sebagai bahan masukan dalam Rapat Kerja Komisi I DPR RI dengan Menteri Pertahanan, Panglima TNI beserta Kepala Staf Angkatan Darat,” pungkas Utut menutup kesimpulan rapat.

Sebelumnya, Komisi I DPR dalam rapat itu telah mendengarkan paparan Danrem 064/ Maulana Yusuf mengenai perkembangan situasi dan hal-hal menonjol, serta kerawanan dan ancaman baik militer maupun non militer yang berpotensi mengganggu pelaksanaan Pemilu 2024. Tim Kunjungan Kerja Komisi I DPR RI pun mengapresiasi langkah proaktif Korem 064/ Maulana Yusuf.

Baca Juga:  Petani Kecewa Impor Beras Tetap Dilakukan

Turut hadir Anggota Komisi I DPR RI Sturman Panjaitan, Irmadi Lubis (Fraksi PDI-P), Fadhlullah (Fraksi Gerindra), Rizki Aulia Rahman Natakusumah (Fraksi Demokrat), Hasbi Anshory dan Kresna Dewanata Phrosakh (Fraksi Nasdem). Hadir pula Wakil Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat Brigjen TNI M. Jangkung Widyanto dan Komandan Korem (Danrem) 064/Maulana Yusuf Brigjen TNI Tatang Subarna dan segenap jajaran Dandim di Provinsi Banten.*

Avatar

Zahid -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *