Ini Dia Juara Lomba Karya Inovasi Pelajar Nasional

Ini Dia Juara Lomba Karya Inovasi Pelajar Nasional

Kliping.id-Kota Kediri (Kemenag) — Prestasi di bidang penelitian kembali diraih siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur.

Ilmi Nasyitha Nurraisa atau yang lebih akrab dipanggil Ilmi berhasil menyisihkan ratusan peserta dari seluruh Indonesia di ajang Lomba Karya Inovasi Pelajar (LKIP) IX Tingkat Nasional.

Dengan karya berjudul “Pesan Konservasi pada Relief Candi Surowono Kediri untuk Revitalisasi DAS Brantas”,  Ilmi berhasil meraih juara I bidang Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemanusiaan, dan Seni.

Ajang ini merupakan lomba perorangan yang diadakan SMA Taruna Nusantara Magelang.

Lomba terdiri dari tiga bidang, yaitu: Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemanusiaan, dan Seni;  Bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan serta Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa. Ajang ini diikuti oleh siswa tingkat SMP/MTs dari seluruh Indonesia.

Seleksi pertama, diambil 37 peserta terbaik dari tiga bidang. Tahap selanjutnya, dipilih 9 peserta terbaik yang berhak mengikuti grand final. Pada akhirnya, masing-masing bidang diambil juara 1, 2, dan 3.

Ilmi Nasyita Nurraisa, putri pertama dari empat bersaudara pasangan Fatah Nasikh A. dan Dian Harysastiwi ini bersyukur ditetapkan sebagai juara pertama.

Penetapan juara disampaikan secara langsung oleh panitia lomba pada 29 Oktober 2022 pada saat tahap grand final.

Dia tidak menyangka usaha keras yang selama ini dilakukan berbuah manis. Tidak lupa Ilmi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, terutama kepada orang tua dan guru pembimbingnya.

Menurut guru pembimbing yang juga merupakan koordinator ekstrakurikuler KIR di MTsN 2 Kota Kediri, Enik Kurniawati, Ilmi merupakan salah satu siswa bimbingannya yang sangat tekun dan ulet. Hal ini bisa dilihat dari tekadnya mengikuti ajang LKIP yang sudah menjadi cita-citanya sejak lama.

Baca Juga:  Pemerintah Dorong Peningkatan Digitalisasi UMKM dan Usaha Kreatif

“Dua hari menjelang keberangkatannya ke Magelang untuk mengikuti grand final, Ilmi yang saat ini duduk di kelas 9  masih mengikuti kegiatan SKAL di Yogyakarta bersama teman-temannya,” kata Enik Kurniawati, Minggu (30/10/2022).

Di sela-sela padatnya jadwal mengikuti kegiatan SKAL, lanjutnya, Ilmi tetap membawa laptop untuk menyiapkan presentasinya yang akan digelar secara luring di SMA Taruna Nusantara Magelang.

Kepala MTsN 2 Kota Kediri, Hadi Suseno, menyampaikan apresiasi atas prestasi Ilmi Nasyita Nurraisa. Apresiasi juga disampaikan kepada Enik Kurniawati selaku pembimbing.

“Kemenangan Ilmi merupakan kemenangan seluruh siswa madrasah khususnya keluarga besar Madtsanda. Prestasi yang diraih Ilmi membuktikan bahwa siswa madrasah mampu bersaing di bidang apapun, terutama di bidang riset dan inovasi,” sebutnya.

Avatar

Anto -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *