Jelang Idul Kurban, Peternak Balai Ternak Bantul Siapkan Hewan Ternak Sehat

Jelang Idul Kurban, Peternak Balai Ternak Bantul Siapkan Hewan Ternak Sehat

KLIPING.ID, BANTUL–Balai Ternak Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Bantul menyiapkan hewan ternak yang sehat salah satunya dengan cara memberikan pakan hijauan yang baik. 

Kurban yang berarti dekat atau mendekatkan atau disebut juga Udhhiyah atau Dhahiyyah secara harfiah berarti hewan sembelihan. Sementara itu, ibadah kurban adalah salah satu ibadah pemeluk agama Islam, dengan melakukan penyembelihan hewan ternak untuk dipersembahkan kepada Allah.

Persiapan dalam kegiatan kurban adalah penyiapan ternak yang sehat, tidak cacat dan gemuk, diantara aktivitasnya adalah melakukan pemberian pakan hijauan yang baik.

Hal ini juga dilakukan setiap hari oleh seluruh peternak Kelompok Peternak Berkah Cerme Balai Ternak Bantul, Srunggo 2, Kalurahan Selopamioro, Kepanewon Imogiri Kabupaten Bantul.

Kegiatan “ngarit” atau merumput merupakan tugas pokok bagi peternak. Seperti yang dilakukan oleh Taufik yang mana beliau peternak mustahik paling muda di kelompok Balai Ternak, namun semangat kerja dan berjuangnya ngarit untuk memenuhi kebutuhan pakan hijauan tidak kalah dengan teman-teman peternak lainnya.

Disela-sela kesibukannya mengarap sawah, Taufik setiap harinya bisa ngarit 2-3 kali sehari, dengan mencari rumput odot dan rumput lapang.

Dengan pakan yang terbaik dan kecukupan pakan diharapkan perkembangan  bobot badan ternak domba bakalan jantan untuk kurban meningkat dan nantinya pada saat kurban memiliki nilai jual yang lebih baik sehingga pendapatan bagi peternak dapat meningkat juga.*

Baca Juga:  Pertamina Patra Niaga Jamin Kebutuhan Energi Jelang Ajang Balap Dunia MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia di Mandalika
Tio Sukamto

Tio Sukamto

Ceritakan tentang dirimu Tio di Sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *