Museum Kariyea Diubah Menjadi Masjid di Turki

Museum Kariyea Diubah Menjadi Masjid di Turki

Kliping.id-Jakarta-Sama halnya dengan nasib Hagia Sophia, kini ada sebuah museum di Istanbul yang dahulu merupakan gereja Ortodoks kuno, dikembalikan fungsinya menjadi masjid kembali oleh Presiden Turki Recep Tayyip erdogan. Perubahan ke museum ini atas kebijakan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Jumat kemarin.

Sama uniknya dengan Hagia Sophia, di gedung Museum Kariyea yang kini menjadi masjid itu adalah juga lukisan Yesus Kristus sebagai relief peninggalan gereja Bizantium. Di dindingnya adalah bertema “Hari Penghakiman Terakhir’  dari abad ke-14 yang begitu ikonik atau berharga di dunia Kristen. Lansir Republika dikutip Sabtu (22/8/2020).

Berubahnya bangunan gereja Ksiten Ortodoks kuno ini awalnya  sama juga nasibnya hampis dengan Hagia Sophia.Bedanya cuma, Hagia Sophia diubah menjadi masjid pada hari penaklukan Turki oleh Sultan Mehmed II, bangunan gereja ini diubah menjadi Masjid Kariye baru setengah abad setelah penaklukan Konstantinopel 1453 oleh Turki Ottoman itu.

Bahkan, senasib juga dengan Hagia Sophia, masjid ini kemudian dijadikan sebagai ‘Museum Kariye’ pada masa setelah Perang Dunia II saat Turki mendorong terciptanya republik baru yang lebih sekuler dari puing Kesultanan Ottoman. Tak berapa lama setelah itu sekelompok sejarawan seni Amerika kemudian membantu memulihkan mozaik gereja asli dan membukanya untuk umum pada 1958 karena dijadikan museum.

Baca Juga:  Ambulans Laznas Dewan Da’wah Aktif Bantu Korban Serangan Bom di Mal Abu Dalal, Gaza
Avatar

Anto -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *