Wapres Harap Produksi Karya Kreatif Islami Tak Hanya Saat Ramadan

Wapres Harap Produksi Karya Kreatif Islami Tak Hanya Saat Ramadan

KLIPING.ID, JAKARTA–Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin memberikan apresiasi kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan Kementerian Agama RI atas terselenggaranya Anugerah Syiar Ramadan tahun 2023 (1444 H) di Auditorium Abdurahman Saleh, Gedung Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI), Jumat (26/05/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Wapres menilai selama bulan ramadan 2023, Lembaga Penyiaran telah berkontribusi meramaikan momentum ramadan dengan menyajikan konten-konten islami untuk mengiringi umat Islam beribadah.

“Kita mengetahui umat Islam Indonesia menyambut ramadan dengan penuh suka cita dan mengisinya dengan ibadah serta kegiatan mulia lainnya, tidak terkecuali Lembaga Penyiaran yang turut menghidupkan ramadan dengan berlomba-lomba menyajikan konten yang selaras dengan semangat ramadan,” tuturnya.

Untuk mengapresiasi upaya lembaga penyiaran tersebut, tiap tahunnya, Anugerah Syiar Ramadan telah diselenggarakan. Menurut Wapres, kegiatan tersebut bertujuan untuk menghargai karya-karya ramadan terbaik dari berbagai insan penyiaran.

“Anugerah Syiar Ramadan menjadi ajang yang penting dalam menghargai siaran ramadan terbaik utamanya program-program yang menyejukkan dan menguatkan harmoni bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Wapres pun berharap Anugerah Syiar Ramadan tahun 2023 mampu menyalakan spirit penyelenggara industri penyiaran tanah air agar konsisten menghadirkan karya kreatif dan edukatif yang terbaik tidak hanya selama bulan ramadan tapi juga di bulan-bulan lainnya.

Menutup pesan tersebut, Wapres memberikan doa dan harapan kepada lembaga penyiaran di Indonesia agar dapat menyajikan program acara terbaik sehingga tayangannya dapat dinikmati penonton dalam hingga luar negeri.

“Semoga dengan hadirnya karya-karya kreatif kualitas terbaik yang saudara berikan industri kreatif Indonesia semakin gemilang dan diminati oleh konsumen di dalam negeri hingga mancanegara,” harapnya.

Sejalan dengan Wapres, Wakil Ketua Umum MUI Marsudi Syuhud menyampaikan bahwa karya-karya kreatif merupakan legacy (warisan) yang membuat kita senantiasa diingat, sehingga Ia menilai program kreatif tersebut yang bernuansa islami tidak hanya ditayangkan saat memasuki bulan ramadan saja, tetapi di bulan-bulan lainnya.

Baca Juga:  Sinergi Pertamina dan Aparat Penegak Hukum Ungkap Penyalahgunaan BBM Bersubsidi

“Mari kita bersama-sama dalam menciptakan program-program, tidak hanya di bulan Ramadan saja, insya Allah ke depan kerjasama MUI dan KPI akan terus kita tingkatkan dan kita akan melihat orang-orang yang kreatif dalam dunia ini, mudah-mudahan tidak sekedar di bulan Ramadan,” harapnya.

Sementara itu, Ketua KPI Pusat Ubaidillah mengungkapkan bahwa MUI dan Kementerian Agama RI telah menyebarkan surat edaran mengenai program acara kreatif yang baik sesuai fatwa MUI serta panduan mengenai konten apa saja yang dapat ditayangkan pada saat ramadan. Selain itu, Ia pun berharap agar siaran Ramadan dapat membawa manfaat tidak hanya bagi umat muslim.

“Harapannya ke depan, siaran-siaran ramadan ini tidak hanya bermanfaat bagi warga muslim tetapi membawa semangat kerukunan beragama yang ada di indonesia meskipun siarannya ramadan tetapi yang nonton seluruh warga yang ada di Indonesia,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Anugerah Syiar Ramadan ini terdiri dari 15 kategori program siaran khusus Ramadan 2023. Adapun pemenang dari tiap kategori tersebut, antara lain:
1. Kategori Program Animasi Indonesia: Lorong Waktu di SCTV
2. Kategori Program Animasi Asing: Bilal di Trans 7
3. Kategori Program Sinetron: Amanah Wali 7 di RCTI
4. Kategori Program Ajang Bakat: Aksi Indonesia 2023 di Indosiar
5. Kategori Program Dokumenter: Islampedia di Trans 7
6. Kategori Program Wisata Budaya: Muslim Travelers di Net TV
7. Kategori Program Variety/Reality Show: Gema Ramadhan di SCTV
8. Kategori Program Feature: Hikmah di Trans 7
9. Kategori Program Film/FTV Religi: Cintaku di Kampung Tandus di RCTI
10. Kategori Program Liputan Ramadan: Klik Indonesia Siang di TVRI
11. Kategori Program Dakwah Non-Talkshow (Ceramah): Tabligh Akbar di Inews TV
12. Kategori Program Dakwah Radio: Kultum di Radio Elshinta
13. Kategori Program Dakwah Talkshow (Dialog): Kultum 2023 di RCTI
14. Kategori Program Dakwah Non-Talkshow (Kultum): Shihab dan Shihab di Indosiar
15. Kategori ILM Ramadan Anugerah Syiar Ramadhan 2023: Berkah di Bulan Baik TVRI

Baca Juga:  Lepas Rindu Pemain dan Bonek, Ini Inovasi Persebaya

Dalam acara tersebut, hadir pula Para Komisioner KPI Pusat, Perwakilan dari Kementerian Agama RI, Pengurus MUI, Pengurus BAZNAS RI, Pimpinan Lembaga Penyiaran dan para Nominator Anugerah Syiar Ramadan.

Selain itu, Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Velix Wanggai, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi dan Zumrotul Mukaffa.*

Avatar

Anto -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *